Bestfriend Time with TDP - What to Do in Jogja

Kayaknya udah sering gue ceritain tentang TDP di blog ini ya.... tapi yang baca mungkin nggak ada hahahaha. Jadi tautannya udah gue kasih lagi di atas 😝.
Tapi intinya, dari pertama kali gue masuk kerja sampai saat ini gue udah 10 tahun bareng bareng mereka. Trip pendek ini cuma ke Jogja selama 3 hari 2 malam, reminiscing the good old times waktu masih (dan akan terus) belajar bersama mereka. Sayang nggak semua membernya bisa ikut.. maka yang ikutan hanya gue, Talita, Rani, Herida, Dewi, Vencia, Hartono, Ngurah, Miko, Yoppi dan Steive. Karna lagi hamil sebentar, Ririn yang bermukim di Jogja, nyusul sebentar saat kita sedang di Mirota.

Perjalanan dimulai pada Jumat pagi dini hari. Pesawat kita boarding pukul lima lewat sepuluh.

Kita telpon telponan saling membangunkan satu sama lain, lalu becanda receh tentang merk koper mahalnya Stepi hahaha. Disini kita juga sempet deg degan menunggu Rani yang ternyata telat bangun. Untung sampai tempat pada waktunya!

Sampai di Jogja kita sudah dijemput sama satu mobil van yang membawa kita berkeliling Jogja hingga malam hari. Thank you Talita Virgo sejatiku yang udah ngurusin semua itinerary kita :)

from left to right : Steive, Ngurah, Talita, Yours truly :D, Miko, Vencia, Hartono, Dewi, Yoppi, Rani dan Olin.
Yang gak ikut adalah Agung, juga Tia yang lagi hamil 6 bulan. Herida dan Ririn sudah ada di Jogja

1. Wisata Wajib kalo di Jogja adalah : Jeep Lava Tour

Sebelum naik Jeep

Tujuan pertama Jeep Lava Tour ini adalah sebuah daerah yang disulap sebagai daerah poto poto bernama STONEHENGE bagai di Bath, UK sana. Baiq mari kita poto....

Tujuan kedua adalah Musium Sisa Hartaku.. yang sangat meninggalkan pilu di hati gue... Membayangkan pada saat kejadian merapi terjadi.... Berserah pada Allah...

Abis itu kita jalan jalan auk ke tempat apaan namanya hahaha. Pokonya bagian dari Lava Tour ini.

The best part of Jeep Lava Tour, Jeepnya diputer puterin sampe kita kecipratan aer dan sibuk pake jas hujan hahaha. Lava Tour ini lumayan panas ya. kita menghabiskan waktu kira kira 3 -4 jam sampai selesai. Temen temen gue semua kulitnya pada kebakar... sampe pada gojekin Nature Republic yang Aloe Vera. Cuma gue doang si anak kampung yang suka maen layangan, yang kulitnya badak banget gak kenapa napa... hahaha

2. Makanan Wajib kalo Ke Jogja

FIRST THING FIRST : KOPI KLOTOK 👏👏👏

Well sebenernya ini emang selera gue banget sih. That kind of homey heart warming food. Murah pula. hahaha. Semua yang ada di Kopi Klotok dapet nilai 9 dari gue #Lebay. Bahkan gue yang nggak ngopi, berani minum kopi hitam disini, gue sampe gak inget kapan terakhir gue minum kopi hitam dalam hidup gua saking nggak pernahnya.

Satu piring makanan sederhana yang berisi kebahagiaan yang berlipat ganda

Pisang goreng panas
AND THIS 💙

Lalu kita ke Tempo Gelato yang katanya kedai es krim paling hits di Jogjakarta. Namun maafkan, gue gak pernah suka sama yang namanya es krimmmm #ciyan jadi menurut gue ya biasa aja :)
Tapi tempat kedainya emang cozy dengan harga es krim yang terjangkau di kantong kita para mahasiswa #ngarang

Kita juga nyobain sate Klathak. Sate Klathak itu kayak sate ayam dengan padanan kuah gulai di sampingnya. Sesungguhnya, semenjak gue makan Sate rembiga di Lombok tahun lalu, rasa sate lainnya jadi kayak kurang aja gitu looo 😓😓

Lalu kita juga nyobain Soto Kadipiro. Biasa aja juga. hahaha

dan terakhir yang mesti banget di Jogja adalah, NASI GUDEG MERCON IBU TINAH.

Dari hari pertama sampe terakhir kita makan gudeg ini muluuu... Jumat malem Gojek ke Hotel, Sabtu malem datengin langsung ke tempatnya, pas mau pulang kita bungkus bawa pulang ke Jakarta. hahaha. IYA SEENAK ITUUUU

Penampakan gudeg terenak yang pernah gue makan 😭

3. Coffeeshop Hopping

Sebenernya banyak pilihan tempat kopi lucu yang juga sekalian buat foto foto. Kita denger ada Hayati Coffee, Mezzanine, dsb (sok bilang dan sebagainya padahal cuma tau 2 itu doang HAHAHAHA)

Tapi karena waktu (dan umur) yang tidak memadai, kita cuma dateng ke satu tempat doang yaitu Brick Cafe. Kayak gini nih foto fotonya

4. Mirota Batik dan Raminten Cabaret : A MUST SHOW TO ATTEND IN JOGJA

Bermula dari kita jalan jalan ke Mirota Batik lalu gue nungguin yang pada belanja di kafe Raminten di atas. Baru tau lah gue kalo setiap Jumat dan Sabtu mereka mengadakan pertunjukan Kabaret Raminten, abis itu kita langsung beli tiket buat nonton malam itu juga. Sumpah, nggak nyesel buangeeett nonton ini! One of the highlight of the trippp!

Saran gue kalo mau nonton ini, bener bener harus reservasi sebelumnya buat dapetin the best view. coba cek instagram mereka di @ramintencabaret deh

Miss Raminten di Raminten Cafe XD

Bersama para artis berbakat di Raminten Cabaret Show
 5. Mobil Lampu di Alun Alun

Seru tapi capek sih.. makanya biar cowok cowok aja yang genjot kitanya nyanyi karaokean hahaha. Mana lagunya disko dangdut semua, gue sampe hapal lah lagunya Via Vallen (lalu dijelaskan sama Olin si kamus berjalan kalo Via Vallen itu menyadur lagunya penyanyi Jepang yang bernama Mirai E)
Beres nyanyi dan ketawa tawa dua puteran.. kita ngaso di pinggir jalan sambil menyantap semangkok sekoteng hangat 😀

6. Hotel Tempat Menginap : GAIA COSMO JOGJA

Tadinya kita mau menginap di Yats Colony, tapi menimbang lokasinya yang cukup jauh dari tengah kota, plusss kita lebih suka sama hotel baru karena terkesan lebih bersih dan juga pas kita nginep disini kita dapetin harga promo sebesar 550 ribuan permalam... maka kita menginap disini!

Dan kita SUMPAH SUPER SENENG BANGET DENGAN KEPUTUSAN INI!

Kamarnya nggak besar namun tetap leluasa. Seperti biasa gue sekamar sama Rani yang udah mulai terbiasa dengan kejorokan gue bawa baju cuma 1 pasang sehari hahaha. Kita juga suka foto foto disini, semua sudutnya sangat instagramable ! bahkan di lantai atas ada sebuah instalasi seni yang sangat bikin jatuh hati 😍😍

yang minus menurut gue cuma sarapan pagi yang seadanya. Biasa aja sih... enak banget juga enggak, cukup aja gitu. Tapi emang sekarang banyak hotel nyeni di Jogja kayak begini. next pengen banget nyobain Artotel Jogja... semoga ada rezekinya.

Menginap plus traveling dengan sahabat TDP gue seakan memberikan nafas baru, semangat juga bonding yang semakin kuat. Ternyata masih banyaak hal yang gue belum tahu tentang mereka. Misalnya  : Hartono yang kalo nginep di tempat baru dia pasti bawa sepre dan sarung bantal sendiri , plus 5 celana pendek juga satu lusin kaos hitam dan putih HAHAHA