Cantik

Waktu masih kecil, definisi cantik itu adalah ketika gue sudah selesai mandi pagi atau mandi sore. Biasanya ibu atau bapak akan memuji gue cantik karna sudah mandi. Geer? Dikit. yang banyak malahan ngerasa seger  :D Apalagi kalo abis pake bedak ke seluruh muka. Berasa paling putih sekampung. HAHAHA *padahal putih karna bedak gak diratain*

Beranjak besar ternyata definisi cantik itu meluas. Apalagi pas udah masuk sekolah, ketemu temen temen dengan berbagai bentuk fisik. Ya fisik, ga butuh waktu lama buat gue untuk sadar kalo cantik itu adalah bagian utama dari bentuk fisik. Berbagai cap mulai terdengar. Cewek X anak tercantik di kelas. Cowok Y anak terganteng di sekolahan dsb. Setelah diamati... si cewek biasanya putih, tinggi, wajahnya cantik, punya rambut yang tersisir rapi, bajunya bersih. *terus liat diri sendiri : gak dibilang tinggi, rambut kemerahan kerjaan main benteng, muka begini begini aja, baju kumel, kaos kaki dikaretin karna melar.* *oke bapak ibu gue boong, gue gak cakep cakep amat berarti jiakakakkak*

Proses menjelaskan definisi cantik ini masuk ke dalam pencarian jati diri menurut gue. Masuk ke sekolah tingkat menengah ketika akil baligh mulai terasa, arti cantik mulai berubah. "Yang badannya seksi!" ucap salah satu temen cowok gue. Cara berpakaian yang seksi juga termasuk dalam 'golongan' ini. Rok sekolah yang pendek, baju junkies pada jamannya, seakan menunjukkan identitas bahwa mereka 'cukup pantas' dibilang cewek cantik (dan dipacari).
titel "yang pacarnya banyak!" pun mulai muncul, yang setelah diamati, ternyata punya banyak pacar berbeda dengan ditaksir banyak cowok ya :D

Gue termasuk yang gak peduli sama punya pacar. Sebab utama adalah bapak gue yang sangat teramat galak *pernah ngusir cowok dari rumah atau bentak cowok di telpon sampai semua cowok yang punya 'niat terselubung' jadi takut.. ehem*
Jadi jelas, gue gak masuk dalam kategori cewek cantik karna punya pacar banyak atau pake seragam seksi :D
Dulu gue sebel banget sama hal ini, tapi sekarang gue bersyukur. Karna gue gak perlu melewati fase 'jadi sesuatu' agar bisa dicap cantik (dan dipacarin) sama orang. Cowok yang bener" suka sama gue tersaring dengan sendirinya karna sikap bapak gue itu. Kalo suka sama gue, ya silahkan hadapi bapak gue judulnya. hahahaha.

lalu salah seorang temen cowok pernah cerita sama gue
Lo tau gak wa siapa yang paling disukai sama cowok di sekolah ini. Dia itu si Monik.
Oh gitu. Kenapa Monik?
Monik itu anaknya asyik wa. Ya selain cantik dari sononya. Tapi dia itu anaknya gak pilih pilih temen kalo main. Terus yang paling penting, gak sok cakep. Gak usaha keras biar dibilang buat jadi cakep

Btw Hai Monik yang lg baca blog ini. Iya itu elo! Gue gak pake nama samaran. Monica dari Idiot Girls! hahahhaha. *we are best friends until now btw*
Gue belajar banyak dari Monik ini. Karena setiap ucapan temen cowok itu adalah 100% bener! Monik itu lucu, baik banget selalu nolongin temen yg lagi kesusahan, gak sombong terus bajunya juga ga macem macem :D Gue mulai mengerti ternyata karakter seseorang sangat memegang peranan dari sekedar kecantikan fisik. Bahkan kalo boleh dibilang, jauh lebih penting.

Berpisah sama Monik. Masuk lagi ke dunia yang mencap Cantik dari sisi yang berbeda. Sisi 'mencari penghargaan dari sepotong cinta'. #HASEEKK
Ngerasain pacaran pertama, terus pas putus gue langsung berasa ga dihargai. Berasa gak cantik...
Terus gue ketemu sama temen yang ngajarin kalo ternyata putus itu adalah proses buat bikin diri kita jauh lebih kuat... dan lebih baik (bukan cantik). Disitu akhirnya gue menemukan arti cantik versi sendiri .
Bahwa yang menentukan kita itu cantik atau tidak adalah bukan orang lain, atau bahkan seorang pacar, tapi diri kita sendiri.
Gue mulai memutuskan semua hal di hidup bukan karna sebuah pandangan orang lain. Tapi gimana efek positifnya buat gue nantinya.

Cantik itu bagaimana keputusan kita untuk nyaman pada diri sendiri.
Nyaman punya alis yang gak simetris satu sama lain. Nyaman punya 1-2 jerawat yang gak hilang hilang. Nyaman buat berolahraga untuk tubuh lebih sehat...
Fisik mah susah dan mahal bo buat diubah. hehehe. Jadi kalo kita sendiri gak nyaman sama apa yang dipunyai, siapa lagi? Karna kalo kata Soleh Solihun mah Sempurna itu hanya milik Allah swt serta Andra and The Backbone :D

Perbandingan cantik sih tetep ada lah ya sampai kiamat juga.
Tapi gimana cara kita bersikap yang akhirnya diperlukan.
Jadi kalo lagi ngerasa ga cantik, yuk sebentar kita bersyukur, masih dikasih tubuh lengkap dan sehat bisa melakukan kegiatan apapun.

Just focus on the great things that we have and simply ignore to negative things that we dont have. Dont complain, and be blessed.

Karna bisa aja ada banyak orang yang kurang beruntung dan pengen di posisi kita saat ini ya kan  :)

4 comments :

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates