Being a Travelling Parents

Apa aja yang gue habiskan kemarin di Karimun Jawa?
Sekali lagi, ini buat panduan buat keluarga yg mau travelling ke Karimun Jawa ya. Kemaren gue susah banget nyarinya, jadi semoga yang gue jabarkan ini membantu. Tentu saja gue mengutamakan kenyamanan buat anak. Shes still at young age to through this travelling tales. Lagian bapak ibunya juga udah memasuki usia kritis sehingga jd lebih mudah capek. hahahaha.

Kalo sering denger di paket paket backpacker Karimun Jawa mah bikin ngiler yaaa.. 300,000-500,000 perorang. Enaakk bangeett segitu udah nyampe KarJaw. Sekali lagi, mereka hanya membawa badannya sendiri. Jadi gak bisa jadi patokan.

Untungnya kemaren gue tiket pesawat diberikan gratis oleh Kakak dan Abang.
Jadi sisa biayanya adalah :

Biaya Taksi Semarang - Jepara                   : 350,000 / taksi (ini bisa dikurangi sebenernya kalo tau jadwal travel yg tepat)
Biaya VIP Kapal Bahari  PP @ 104,000   : 432,000 (Adia masih gratis)
Biaya menginap permalam @ 350,000       : 700,000
Biaya sewa kapal sendiri                            : 250,000
Biaya Tour Guide di laut                            : 100,000
Biaya sandar kapal tiap pulau  @ 20,000   : 40,000
Biaya penangkaran ikan Hiu @ 5000         : 10,000
Biaya sewa alat snorkeling @30,000         : 30,000
Biaya sewa motor per 2 jam @25,000      : 50,000
Biaya antar jemput ke dermaga @30,000  : 90,000 (gue dari hotel ke dermaga kemaren mencapai 3 x)
Biaya makan                                             : 150,000 buat 2 hari
Biaya Carter Mobil Jepara - Semarang       : 280,000

Total Biaya : 2,132,000 IDR.buat gue, Bagol dan Adia.

Tapi percayalah, itu semua sudah sangat nyaman membawa toddler menelusuri Karimun Jawa :)

Ada beberapa yang bilang gue nekat bawa Adia kesana. Takut Adia kenapa napa, sakit atau pikiran negatif lain (well diem di rumah juga bisa sakit bukan :D).
Terus ada juga yang bilang "aahh masih kecil mana inget ntar dia pergi kemana, ntar aja gedean kalo udah 5-6 taun biar dia inget" ini sering denger ya pasti ? :D
Namun gue sendiri percaya, travelling adalah  bentuk kasih sayang yg gue kasih ke Adia. Seperti judul gue di blog ini.
Kata" anak masih kecil gak inget travelling menurut gue sama aja kayak kita jangan dengerin musik/bacain cerita ke bayi karna dia ga bakalan inget. Ajaib tapi benar, bayi itu PINTAR lo! Mereka akan ingat! Kemampuan otak manusia justru dibentuk paling maksimal saat dia berusia di bawah 2 tahun bukan ? *iyaaa bu guruuuuu*

Maka terharu rasanya pas kemarin Adia bisa gegulingan di pasir, merasakan asinnya air laut, berenang bareng ikan ikan, naik kapal. Mengetahui itu semua ga bakal dia ingat lewat TV atau.. iPad  :)))
Adia mengalaminya LANGSUNG, dan gue percaya, itu adalah salah satu pendidikan terbaik yg bisa gue berikan buat anak gue.

So, again, no, its not selfish for parents to travel with young children. It has the best benefits! ^^

Eh iya, gue ketemu artikel bagus mengenai travelling parents nih, cek disini ya!

3 comments :

  1. Adia emang hebat.... waktu ke Bali terakhir Wa, Gw ketemu Traveler seorang Ibu bawa anak yang usianya 2 tahun (Bule sih) mereka cuma berdua & menargetkan keliling Bali-Lombok dalam waktu 3 minggu ala semi Backpack pula, & Gw cuma berfikir "Gila gimana bisa iah jadi semi Backpack sama anak sekecil itu & seorang diri" setelah baca blog lo kali ini so inspired. semakin membulatkan tekat untuk melancong ke Karimun Jawa......

    ReplyDelete
  2. iya fik, bule emang sebagian besar berpikiran terbuka terhadap anaknya suapaya jadi mandiri. jadi biarpun muka dan rambut ga mirip, semoga cara pikir at least bisa sama :)))

    ReplyDelete
  3. Halo mba...tertarik bgt sm pengalaman mba ke karjaw membawa balita..insya-allah bulan maret sy mau kesana dgn membawa anak sy usia (+/-) 2thn..kl blh sy tanya2 utk pengalaman detailnya atau tips2...hehehe, bs email sy di putri_dee83@yahoo.com...thanks a lot ya mba...salaam kenal..

    ReplyDelete

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates