Why Newborn Baby Cries (A LOT!)

Jawaban asalnya adalah, karena emang baru bisanya nangis, kalo udah bisa ngomong kitanya yang pingsan. wakakakkaak

Namun, berdasarkan pengalaman gue dengan adik Carra selama satu bulan setengah ini, maka bisa gue simpulkan beberapa hal yg menyebabkan dia (atau mungkin bayi newborn lainnya) menangis.
Yang penting adalaahh.. sebagai Ibu, kunci pertama kita harus tenang, rileks dan tidak panik. Takut sama panik itu berbeda ya. Kalo takut wajar... sebagai manusia kalo nggak ada rasa takut mah boong banget. Tapi kalo panik itu SELALU menyebabkan bencana. Misalnya... kerugian finansial (seringnya panic buying di online shop HAHAHA).
Jadi, kenali dulu takutnya karena apa, lalu cari bantuan. Entah suami, orang terdekat, browsing pengetahuan di internet, atau ikut New Parent Academy #EAAATetep . Setelah kita mengenali ketakutan kita dan mulai menemukan jawabannya, kita akan menjadi lebih siap. Karena mengapa? Karena bayi mengenali semua hal itu. Kita gak sabaran dan panik, dia bakal nangis lebih kenceng X)) at least sama gue sih. hehe

Setelah kita siap dan lebih rileks, kita jadi bisa mengenali beberapa tangisan bayi lo. Misalnya nangis karena lapar atau sakit itu berbeda. Bahkan adik Carra kemaren sempet nangis karena BOSEN DI KAMAR. Nah lo, anak sebulan udah bosen di kamar. HAHAHA. Dibawa keluar depan taman ada angin sepoi sepoi anteng dia -____-

Jadi kalo gue bisa mengkategorikan, tangisan bayi itu bisa dibagi menjadi :

1. Lapar/Haus
Kalo lapar/haus ini, bayi nggak langsung nangis lo. Dia akan menunjukkan tanda tanda dulu seperti memelet meleekan lidah. Kalo didekatkan jari ke mulutnya maka ia akan refleks mencari jari tersebut karna dikira puting. Kalo lama nggak direspon baru deh dia nangis.

2. Pipis/Eek
Apalagi kalo pake popok kain. Pipis/Eek sedikit pasti nggak betah deh.

3. Nggak Nyaman
Entah posisi tidurnya, tangannya ketimpa bantal, badannya gatal. Atau belum disendawakan. Belum disendawakan ini yg lumayan sering terjadi sama gue, karena tidak selalu mudah bikin bayi sendawa. Terus nggak nyaman ini juga bisa kalo dia mau kentut! Abis kentut dia akan tenang kembali. Lalu yang baru kejadian kemarin.. ADA UPIL DI HIDUNGNYA GEDE BANGET! pas gue ambil upilnya, tidur lagi doi hahahaha.

4. Sakit
Pengalaman gue adalah Kolik pada Adia. Nangisnya nangis kenceng banget selama lebih dari satu jam. Nangis kesakitan gitu lo. Kasian deh :(( Maka pada kelahiran Adik Carra ini, gue membatasi banget makan susu dan produk turunannya. Semoga koliknya nggak sempet mampir deh ya.

5. Mimpi/Kaget
Paling lucu kalo ngeliat newborn kaget. Biasanya gue malah ngakak ngeliat ekspresi Carra. HAHAHA.

Jadi kalo ada yg bilang, "itu anaknya nangis terus, ASInya kurang kaliiii..." Silahkan sodorkan semangkuk sayur katuk, suruh dia makan aja daripada ngomong :))))

Btw ada yg mau nambahin kenapa bayi newborn suka nangis? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram