Makanan Wajib Coba Bangka Belitung


Beres post makanan wajib coba di Magelang Jogja, sekarang kita lanjut ke makanan wajib coba Bangka dan Belitung. Ini kali kedua gue ke Belitung karna tahun lalu pernah kesini karena tugas kantor... namun gak ada yang bisa mengalahkan yang namanya balik lagi liburan bersama keluarga 😍

Pengalaman gue ke Belitung tahun lalu, makanannya kurang memberi gue kesan. Ya HABIS sih kalo dimakan (kalo gak habis perasaan takut dimarahin bapak gue masih mengelegar di sanubari soalnya hahaha), tapi gak berkesan aja. Maka kali ini gue datang ke Bangka pengen membuktikan, sama kayak Belitung nggak sih makanannya ?

1. Otak Otak Bangka - Belinyu "AFUNG"

Belinyu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dari gue tulis begini aja gue udah membayangkan ternyata Bangka itu luassss banget ya. Terletak di sebelah Utara Pulau Bangka, sebenarnya Kecamatan Belinyu ini sangat terkenal bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Nah buat gue saat itu, yang penting gue cobain aja dulu rasa otak otaknya ✊

Otak otak di Bangka itu rasanya khas dibandingkan otak otak lainnya di Indonesia. Apalagi otak otak depan kantor gue, di bawah jembatan penyebrangan busway Gelora Bung Karno, khas banget rasa ikan sapu-sapunya. HAHAHAHA.

Kalo di Bangka itu ada beberapa macam sambal/cuka yang bisa digunakan untuk teman kita nyemilin otak otak. Gue sendiri nyobain semuanya masih belum bisa menentukan tuh mana yang lebih enak. yang jelas kalo otak otak Bangka Belinyu mah, 10 biji doang mah gak bakalan cukup 😭


Bakar lagi 30 bu!! #GakKenyangKenyang

2. ROTI PANGGANG TUNG TAU

Senang sekali rasanya bisa menginjakkan kaki di warung kopi pertama yang sudah berdiri di Bangka sejak tahun 1938, yaitu Warung Tung Tau. Atas saran Kak Amel , kakak ipar gue, yang dipesan disini adalah Roti bakar wijen, telur setengah matang dan kopi susu.
Ah paling kayak Kopitiam yang kayak di Margo City... pikir gua sotoy 😝
Adia juga udah bawel bilang kok kita makan lagi sihh tadi kan kita sudah makannn otak otak 100 bijiii #lebay.... gue bilang iya sebentar dulu pesen sedikit aja.
Gak taunya.. Adia ngikut makan lagi -_- gue berasa kurang.. dan Bagol pun pengen pesen roti tambahan hahaha. Iya seenak ituuuu!


Plang ini ada sejak taun 1938
Gue dan Bagol nggak ngopi, tapi untuk speciality cause kayak gini,
kita akan tahan mules kita! hahaha


3. Mie Ayam Bangka YENYEN

Sering kan kita lihat di pinggir jalan pada memproklamirkan diri bahwa mereka adalah Mie Ayam Bangka. Akhirnya setelah 22 tahun gue hidup #abaikan, gue bisa ngerasain Mie Ayam Bangka beneran di Kabupaten Bangka 🙌
Sebenernya katanya yang tadinya paling enak itu Mie Ayam Bangka Fina. Sandra Dewi si cantik dari Bangka aja nongkrongnya disini waktu SMA #InfoPenting
Tapi seiring berjalannya waktu, kualitas dari Mie Ayam Fina dalam hal pelayanan mulai menurun... misal dataangnya suka lama banget.. pangsitnya kalo malem suka udah keras dan beberapa hal lainnya. Maka Kak Amel mengarahkan mobil kita ke Tahu Kok YenYen Mie Ayam.

Lagi lagi gue nggak mau berekspektasi banyak. Walau pas Kak Amel nanya, mau pesan satu apa setengah? satunya banyak banget lo. Gue, Bagol dan Adia berteriak lantang , "SATU!" hahaha. Kita nggak mau berbagi makanan soalnya 😄

Pas dateng ternyata..... SATU GAK CUKUPPPPPP AMPUN ENAK BANGEEETT... one of the best Bakmi that i ever hadddd..... gurihnya pas, kuahnya sedap, sayurannya fresh,, daging ayamnya meleleh di mulut. Akhirnya Bagol.. nambah... hahahaha

dan kita juga bungkus TahuKok buat dibawa pulang ke rumah.



4. MIE KOBA

Besok paginya kita sengaja nggak sarapan di rumah karena pengen nyobain yang namanya Mie Koba. (Tapi Adia dan Carra tetep sarapan lah ya demi menghindari liburan penuh teriak dan tangisan karna lapar haha)

Bakmi Koba ini juga Bakmi khas Bangka, atau tepatnya makanan khas Kota Koba, Ibukota dari Kabupaten Bangka Tengah. Nah... yang membedakan Mie Koba dengan mie lainnya adalah kuah ikan Tenggiri Bangka yang sangat khas. Mie Koba terbuat dari kuah yang disiram kaldu daging Tenggiri dipadukan dengan tauge , daun seledri juga bawang goreng.

RASANYA.....NGGAK ADA DUANYA. Gue belum pernah nyobain bakmi dengan rasa kayak gini sebelumnya dan gue sukaaaaaaak banget. NYAM 💚



5. ES AYONG

Kalo di Magelang kita ke Es Murni, Bangka punya yang namanya ES AYONG. Warung Es AYong ini warung jadul banget. Gue jadi inget masa kecil gue suka diajak ke warung kayak gini sama orangtua gue, naik becak lalu makan bakso minum es campur, kayak begini aja udah seneng banget hahaha.

Di warung ini kita pesan bakso, pempek, mie selada , es jeruk enak dan tentu saja es ayong nya ayng bisa dipilih mau ada campuran apa aja di dalamnya.



BIkin es serutnya masih jadul XD

Mie Selada Bangka


That Beautiful Es Ayong


6. Latrasee Bistro

Kita kesini buat mencari Lempah Kuning Ikan Tenggiri. Tempat tempat yang lain pada tutup karena kita datang sudah malam kira kira pukul 8.
Banyak makanan lokal yang disajikan disini dengan harga yaa agak mahal dari warung lainnya, mungkin karena yang dibangun di heritage building yang sebelumnya adalah rumah seorang lokal di Bangka. Rumah ini adalah rumah pertama yang ada di pulau Bangka jadi terasa sekali kesan 'heritage'nya.

Sayangnya gue nggak ambil foto disini karena hasilnya blur semua 😅


Yeayy itu semua makanan yang wajib kalian coba di pulau Bangka. Sekarang mari kita lanjut ke Belitung


1. Mie Belitung Atep

Berkunjung ke Belitung artinya juga berkunjung ke Mie Belitung Atep yang legendaris ini. Campuran Mie, Kentang, Udang Telur dan Emping dipadukan dengan kuah kental berbahan udang menjadikan Mie Belitung ini hampir nggak pernah kita temukan di tempat lain. Coba barengi dengan Es Jeruk Kunci sebagai minuman khas Bangka Belitung. Sedap!

Warung Mie Belitung Atep sendiri cukup banyak dan tersebar di berbagai tempat. Kemarin kita datang ke tempat asli dan dilayani oleh Ibu Atep sendiri. Tempat aslinya terletak di pusat kota dekat dengan bundaran Satap. Posisinya di ruko persis depan satu satunya mall di kota Belitung. (Mall disini hampir sama kayak AlfaMidi gedenya kalo di Jakarta), pssstt ngomong ngomong, kita nggak pernah sama sekali menemukan Alfamart dan Indomaret di Pulau ini lo!

First Thing First, Mie Belitung Atep

Adia sendiri bosan makan mie, jadinya dia makan nasi tim. hahaha

2. Jajanan Pasar Bangka Belitung

Menginap di hotel Santika, maka kita senang banget pas mengetahui ada aneka kue tradisional bangka Belitung di barisan buffet sarapannya. Pasti gue cobain semuaaa!!!
I love Indonesian Cakes 💙


3. Ruma Makan Belitong Timpo Duluk

Masuk rumah makan ini kita langsung disajikan suasana jadul dari dekorasi yang disematkan pada setiap jengkal tempat. Hal ini jadi bikin gue kalap pesen semua makanan khas Belitong yang ada di restoran ini. hahaha.
Harga makanan di restoran ini memang nggak bisa dibilang murah. Tapi demi rasa penasaran untuk makanan khas Belitung, gue cobain dah semuanya dan tenryata... ENAK SEMUAAA!

Otak Otak Belitung

Tentu saja kita memesan Dulang Set sebagai set menu makanan di Belitung.
Di dalam Dulang (yang artinya Makan dalam bahasa Belitong) Set itu terdapat Gangan, Ayam Ketumbar, Sate Ikan, Sayur Sambal Ati Ampela, Lalapan lalu Sambal Serai.

Ini namanya Berego. Adonan tepung beras hampir mirip kayak kwetiaw. Cara makannya disirap pake kuah santan kuning  dan sambal. ENAAAKKK!
Pindang Belitong Iga. Rasanya pedas gurih sedap. 

4. Seafood di Pulau Kelayang

Seafood disini enak mungkin karena fresh banget ya. Ikan dan Kepitingnya baru ditangkap, Cuminya langsung dimasak dan mungkin kangkungnya juga baru panen hahahaha.

Makan seafood di pinggir pantai emang terbaik!!




5. Nasi Goreng Ikan Bilih Belitong

Ikan Bilih di Belitong ini bentuknya lebih besar dibanding Ikan Bilis di Padang. Eh apa beda ya? hahaha. Kita makan nasi goreng ini di sebuah kafe yang gue lupa namanya apa. Tapi wajib coba ikan bilih ini kalo lagi di Belitong ya!


6. Last but not least, Kong Djie Coffee

Ada Kong Djie Coffee di deket rumah kita. Bagol sukaaaaaa banget es cokelatnya. Katanya itu Es Cokelat terenak yang pernah dia minum. Maka ketika kita datang ke tempat asal Kong Djie Coffee, inilah tempat utama yang wajib Bagol datangi. hahaha

Warung Kopi Kong Djie ini masih sangat mempertahankan  ke-sederhana-aanya mengingat sudah berdiri sejak tahun 1943. Pemiliknya kala itu adalah Ho Kong Djie, Lelaki berdarah Tionghoa yang merupakan perantau asal Bangka. Saat ini Kong Djie Coffee (juga franchise"nya) dikelola oleh anak Ho Kong Djie yang bernama Ishak Holidi. Keren!!



Namun maaf pemirsa, karena gue nggak ngopi makanya gue pesen kopi susu aja.
Itupun habisnya hanya setengah gelas XD

Gue senang kali kedua gue ke Belitung memberikan pengalaman kuliner yang jauh lebih menyenangkan dari kali pertama. Walau kalo boleh memilih, Kuliner Bangka lebih meninggalkan kesan di hati dan indera perasa gue 💙

Post a Comment

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates