Makanan Wajib Coba Magelang - Jogja

Compulsory Leave/Birthday Trip/Marathon Trip kita tahun ini dihabiskan di Magelang - Jogja - Bangka dan Belitung !

Di post ini gue mau cerita, makanan apa yang wajib kalian coba di Magelang dan Jogja! (iya wa udah ada di judul wa.. :D)
Gue dapet referensi makanan ini sebagian besar dari instagramnya @depepedia, aduh informatif sekali deh kalian wajib follow banget akun instagramnya! dan post ini juga lanjutan dari post Jogja yang gue sempat bikin di bulan Juli lalu disini. Ada makanan disana kayak Kopi Klotok yang nggak gue coba lagi disini.

Btw sebelumnya akan gue berikan foto ala demang dan nyai kita dulu untuk memulai post makanan yang agak panjang ini (waktu Indonesia bagian muntah dipersilahkan 😂)

Baik, sudah selesai muntahnya yaaa? Kita mulai dari Magelang dulu yukk karena emang kesana duluan karena Bagol mengikuti Borobudur Marathon.

1. RM Jejamuran
Kisaran Harga : 20K - 50K

Resto ini sih kayaknya udah terkenal banget ya. Nah gue baru pertama kali kesini karna emang ngelewatin dari perjalanan Jogja ke Magelang. Kesimpulannya... SEMUA ENAAKK!
Gue pesan sate jamur, jamur penyet dan sop jamur buat anak anak semuanya lezaaatt. Lalu yang berkesan banget itu, Adia dan Carra nggak pernah yang namanya suka jamur. Diapain aja mereka males makan pokoknya.
Disini mereka lahaaap sekali ampe nambah! Terharu buat ibu ibu itu ketika anak makan lahap akan sesuatu yang mereka gak suka kan... jadi restoran ini kita datengin dua kali deh. Pertama Jogja Magelang, kedua Magelang Jogja 💙

Segala jenis jamur ada di sop ini dan anak anak makan semuanyaaaa 😭

2. Sop Senerek Iga Sapi Spesial
Kisaran Harga : 24K /Porsi

Padahal anak anak udah sarapan di hotel tapi mereka makan lagi di warung sop ini XD
Isinya banyaaak dagingnya. Gak pelit pokoknya. Rasanya segar dan enak.

3. Tahu Pojok Magelang
Kisaran Harga : 15-25 K

Gue biasa aja sama yang namanya tahu toge disiram sambel kacang kayak gini. Makan sih makan tapi nggak pernah nyari. Tapi pas disaranin sama driver kita ke tempat ini dan memasukkan sesendok kuahnya ke dalam mulut gua...... DAMN INI ENYAAAAKKKK!

Bisa ditambah berbagai gorengan/lauk tambahan yang dijual disini. Lalu dibalut penutup segelas teh poci dingin. Surga.

4.  Wedang Kacang Kebon
Harga : 8000 Rupiah

Dessert malam di kota Magelang adalah semangkuk jahe panas berisikan kacang empuk dan beberapa rempah lain nggak kalah enak. Tempatnya kecil namun ramai luar biasa. Gue sebagai penggemar sekoteng garis keras amat beruntung bisa menyeruput wedang kacang legendaris ini.

Nggak sabar mau nyobain jenis sekoteng lain dari berbagai kota di Indonesia!! #HIDUPSEKOTEENGG

5. Balkondes (Balai Ekonomi Desa)
Harga : 10,000/3 Gorengan gratis teh

Balkondes adalah sebuah program bentukan BUMN yang dimanfaatkan sebagai sebuah etalase sebuah perekonomian daerah. Kita kesini mampir karna bagian dari jasa pelayanan andong dari candi Borobudur. Karna kita penumpang andong, maka minum teh disini adalah gratis.

Tempatnya sendiri sejukk asriiii, mushola dan toiletnya bersihh. Top deh pokoknya istirahat ngobrol disini sambil menikmati sepiring gorengan hangat.

6. Es Murni Magelang est 1962

Sebagai komunitas kecil bukan peminum kopi karena minum kopi tiga teguk doang gue bisa mules berkepanjangan, maka gue memproklamirkan diri sebagai peminum es - esan. Es cendol, Es campur, Es alpukat kelapa YOU NAME IT akan gue lahap semuanya!! #Tekad

Maka ketika gue menemukan Es Murni ini di Magelang dengan segala macam jenis es-esan di dalamnya... lengkap lah sudah perjalanan ini.

Es Roti Kelapa + Gula Jawa. DIE
Keluarga peminum Es-Esan
Thank you Es Murni for bringing THIS to my life! *kasih kalungan bunga*

7. Sop Empal Muntilan Ibu Haryoko
Harga : 25 Ribu

Hari terakhir di Magelang kita tutup dengan sop juara ini. Nasi dengan kuah sedap ditambah suwiran empal pedas nan gurih dan empuk. Anak anak tidur saat ini sehingga gue dan Bagol bisa leluasa menikmati setiap sendoknya, menyecap ke lidah lalu masuk ke tenggorokan. One of the best empal in my life for sure. I can live for this kind of food everyday 😆

Selesai di Magelang maka kita bergerak ke Jogjakarta. Berikut makanan wajib coba yang harus kalian beli ketika mampir di kota ini :

1. GUDEG IS A MUST. Apalagi Gudeg Pedas Ibu Tinah.
Harga : Dimulai dari 20 ribu

Nah masalahnya gudeg ini baru buka pukul 9.30 malam. Waktu Februari kemarin ke Jogja, gue setiap malam beli Gudeg ini sama anak anak TDP. Tapi ternyata emang lebih enak datang langsung kesana walau di gojekin juga tetep bisa memuaskan rasa.

Pukul 9.20 aplikasi gojek sudah gue buka. 9.30 langsung pesan dan abang Gojeknya berkata
"Mbak antriannya panjang banget ya!! Harap sabar."

Gue jawab dengan pasti,
"Gakpapa bang! Tungguin nanti saya kasih tipppp!!"

Satu jam kemudian Gudeg itu datang ke kamar hotel..... *DROOL*

Gudeg ini lain dari gudeg Jogja biasa yang agak berlebihan manisnya kalo kata gue. Gudeg ini pas manisnya, pas gurihnya , dan uenak banget pedesnya! Aku cinta....

2. Ayam Geprek Ibu Made
Kisaran Harga : Dimulai dari 20 Ribu

Ayam Geprek Bu Made ini direkomendasikan banget sama David Depepedia. Maka walau driver kita katanya gak pernah denger warung makanan ini, kita tetep kesana haha.

Pas gue dateng, warung ini memang ramai, penjualnya ramah dan gesit melayani. Ayam Gepreknya berupa suwiran dengan tingkat kepedasan  juga komposisi sambal yang bisa disesuaikan. Tambahan kuah gulai juga bisa diminta untuk menemani ayam geprek dan nasi.
 Komentar gue sih Ayam Geprek ini ya enak, tapi enaknya kurang lebih sama kayak Ayam Geprek Bensu, Ayam Geprek Keprabon, Ayam Geprek Shay Shandy Aulia dan Ayam Geprek sejenis lainnya #KetauanSukaBeliAyamGeprek 😂

3. Gudeh MBAREK Hj Amad.
Kisaran Harga : 14 Ribu - 45 Ribu

Sebelum ke Bandara meninggalkan Jogja, kita makan di Gudeg ini dulu sambil bungkus bekal buat anak anak siapatau mereka laper di jalan jadi gue bisa nyuapin (PENTING!)

Gudeg ini gak sepedas Ibu Tinah namun gak kemanisan kayak yang lain. Gue jadi suka. Boleh dicoba buat penggemar gudeg non-manis kayak gua 😙

4. Tahu Walik OM TA
Harga : 1000 Rupiah/Buah

Yang terakhir , kecil namun vital bagi pondasi perjalanan adalah : CEMILAN GORENGAN TAHU 😂

Tahu Walik Om Ta ini enaaak bangeeet.. kita gojekin pas abis makan di salah satu restoran lalu makan barengan panas panas. Selain es-esan, kita juga keluarga pecinta tahu tempe 😎
Pelengkapnya bisa pilih cabe rawit atau celupan sambal khasnya tahu Walik. LEZAT!

Yak itulah semua makanan wajib coba Mgelang Jogja. Sebenernya ada beberapa yang lain gue makan kayak pasta atau ayam goreng penyet, tapi ya masak gue masukin itu mah depan komplek juga ada! hahaha.

Kasihtau dong kalo ada Makanan Wajib lainnya selain yang gue tulis disini :)