Why I Choose Breastfeeding

Gue nulis ini ga pengen mamer atau ngejudge. Tapi simple karna pengen meyakinkan orang yang pernah ada di posisi gue, kalo kita semua BISA menyusui, jika mau dan usaha (keras banget kalo gue).

Keawalan hamil, ya gue tau lah pasti ASI yang terbaik, tapi apakah gue mikir entarnya gimana? ya kagak.
ya gue pikir ASI bakal moncor aja gitu keluar dari tetek, susuin, selesai masalah.
Lalu ibu gue sendiri mulai bilang,
"Punya anak itu yang mahal susu... aduh ampun-ampunan deh beli susu."
"Loh bu, kan ASI?" Kata gue emang ga ngerti apa apaan.
Ibu gue jawab lempeng, "Ya ga bakal cukup lah, kamu kan kerja. dulu kamu juga ASInya ya seadanya, ASI ibu ga banyak."
Udah dah tuh. terpatri di otak gue, ooo berarti ASI emang bakat bakatan orang kali ya, ada yang bisa ada yang kagak. Yaudah deh nabung buat susu formula. Bagol pun nurut nurut aja pas dibilang kayak gitu.
Suatu saat, adek gue yang dokter nih si Meta nimbrung pas gue lg ngelist barang apa aja yg kudu gue beli buat bayi.
"Ngapain sih lo usaha banget mikirin beli barang" buat bayi? yang penting tuh gimana caranya ASI! tuh kemaren gue ketemu pasangan suami istri keren banget diskusi IMD sama gue. Gila, pengetahuan mereka hebat!"
Hah?? IMD?? apaan tuh! gue yang bego mulai ga mau terus terusan keliatan bego di depan adek gue. Cukup  secara akademis aja paling bego di antara saudara! hahaha (adek guue si Meta masuk kedokteran, adek gue si Fani double degree jurusan IT -___-). Naluri ga mau kalah dan pengen dicontoh sebagai seorang kakak berdesakan pengen keluar dari otak gue. Nanya sama Meta IMD? gengsi dong! HAHAHA. gue tidur malam banget saat itu, google abis abisan mengenai IMD... dan ternyata berhubungan penting banget sama ASI...

Gue mulai tau kalo ternyata ASI bukan bakat-bakatan. Gue tau kalo ASI bukan hanya yg terbaik buat anak gue nantinya, tapi makanan satu satunya yang bisa gue siapkan. 
Dan kalo gue bisa ASI, adek adek yang tadinya nganggep gue cuma bisa ngapalin pelajaran ekonomi doang  pasti HORMAT sama gue. HIAHAHHAHA.

Gue langsung ikut milis ASI for Baby. Gue telponin AIMI ASI buat ikut kelas menyusui. Gue print semua pengetahuan di internet tentang ASI. Gue ikut kelas hypno-breastfeedingnya Fonda Kuswandi. Gue dateng ke Hermina Jatinegara buat konsultasi langsung ke klinik laktasi. Gue cekokin Bagol sama semua ilmu yang gue dapet. Tapi gue masih takut... sangat takut sehingga satu hal yang terus-terusan gue bilang sama Bagol pas gue mau melahirkan :
"Bun please aku mau kamu dukung aku ASI. Jadi kalo misalnya aku caesar atau apapun, tunggu aku. Aku mau IMD dan menyusui anakku langsung. AWASI jangan sampe dikasih susu formula."
Bagol ngangguk. Dia tau kalo gue udah yakin sama sesuatu ga bakal boleh dibantah. hehe.
Ketakutan gue terbukti, walau gue sudah membekali diri gue dengan bermacam ilmu, IMD gue gak sempurna, anak gue bilirubin tinggi, ASI gue baru keluar hari ke empat.
Sambil ambeien gue terus berdoa ga pernah henti, mompa sambil nangis ga pernah putus. Cuma modal YAKIN (plus nelpon langsung mbak Mia Sutanto, chairwoman dari AIMI ASI), ada satu yang ada di benak gue.
Gue udah mulai ini dan gue ga mau berhenti karna menyerah.
 Dari Adia di perut gue udah sering bisikin dia gue mau ASI. dan ASI itu bukan hanya kerja keras gue, dia atau Bagol sendirian. ASI itu kerja keras bareng bareng, dan gue yakin Adia gue kuat.Alhamdulillah semua keyakinan gue ditunjukin jalan-Nya.

Tantangan gak berenti sampe situ aja,
Ibu gue sendiri terus menerus menyodorkan susu formula. Gak tega katanya. Pasti gak cukup ASI gue lanjutnya lagi.
Gue marah. Lalu gue minta adek gue Meta plus bapak mendukung gue, dan berhasil. Ibu gue ga pernah lagi menyuruh gue.
Lalu gue juga pernah mengalami bbrp kali bingung puting, yap bisa ditebak karna gue kasih botol dot pas gue ngantor, jelas ga ada pilihan karna yg bantu jaga mama ayah.
Adia ga mau nyusu ke gue nangis nangis kejer kalo gue deketin ke payudara. Sampe akhirnya gue nekat 2 hari topless di dalem kamar berdua doang sama Adia, mulai lg dari awal perkenalan menyusui, peluk peluk, nangis kejer, peluk lagi, baru akhirnya lepas sama bingung putingnya.

See? Emang gampang kasih ASI? ya enggak.
Tapi emang bisa? BISA BANGET!!
percaya sama gue, it was all worth it.

Duit susu formula bisa gue pake buat nyicil mobil, Ibu gue yg awalnya ga support gue ASI sekarang malah menjadikan gue contoh ke anak temen temennya hihihi, plussss GUE AMBIL KEMBALI KUASA GUE (YANG TADINYA SEMPAT HILANG SEDIKIT) SEBAGAI SEORANG KAKAK YG TERHORMAT. hahahhahaha

Oh iya, Pengalaman Bagol sebagai Ayah Asi dia tulis disini nih!

My Strong Little Girl

Post a Comment

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates