My Effective Way to Get Rid of Sore Nipples

Tested and true! Hehehe.

Jadi gue kira anak kedua nggak bakal lagi ngerasa yg namanya puting lecet sampe meriang. Ehhh kemaren ngerasain juga ternyata :D
Pengalaman waktu pertama Adia sih sampe harus minum antibiotik segala ya. Terus dipijit suster di RSIA YPK yang Innalilahi sakitnyaaaaa... Gue standing ovation lempar bunga deh sama Ibu Menyusui yang nggak pernah ngerasain lecet puting ! HAHAHA

Puting lecet itu bisa gue bagi menjadi dua kategori. Kategori pertama adalah ketika sakitnya masih bisa ditahan (walau ampe mata merem merem dan bawaannya pengen 'senggol bacok') dan Kategori kedua adalah yang sakitnya sudah nggak bisa tertahankan lagi sampe kesentuh baju pun udah sakit dan nyut nyutan sendiri. Nah kemaren gue udah ke kategori nomer dua dimana Carra juga lg aktifnya masuk ke fase oral. Jadi lagi sakit gitu udah digit gigit ditambah ditarik tarik lah sama dia dengan semangatnya.... *nangis*

Dari Jumat pagi gue nggak susui langsung payudara gue sebelah kiri, tapi gue pompa aja pake tangan. Itu dipompa aja udah sakit nyut nyutan, Mulai bengkak deh ada yang ganjel susah keluar kan.
Udah tuh gue di kantor mompa seperti biasa jamnya. Pas siang hari sakit karna mampet makin kerasa, gue pompa hasilnya nggak maksimal. Sore hari mulai lah gue meriang sampe gue nggak sanggup pulang naik KRL. See. gue hamil aja sanggup pulang naik KRL ini lagi nyusuin malah nggak sanggup! wakakakakk.

Oiya, biasanya andalan gue buat puting lecet adalah Purelan nya Medela. Salep itu hampir ampuh untuk segala situasi selama ini, tapi tidak untuk kemarin. Maka akhirnya cara yang gue lakukan sehingga akhirnya lecet puting tersebut hilang dalam 24 jam adalah :

1. Minum Parasetamol.
Untuk menghilangkan demam. At least pikiran jadi lebih rasional kalo demam hilang. Parasetamol aman kok buat ibu menyusui. Demam hilang kita bisa lebih fokus sama hal lain. Ngurus anak yang satu lagi misalnya :P

2. Menyusui Langsung TETAP obat terbaik untuk payudara yang bengkak
Namun karna kemaren gue sudah nggak kuat, gue kasih jeda. Misalnya 6 jam gue nggak susui langsung, selanjutnya gue susui langsung. Jadi selama 6 jam tidak menyusui langsung itu gue bolak balik pompa pake tangan (pake mesin bisa lebih sakit ya. Jadi nggak disarankan) plus kasih Purelan. Lihat juga keadaan bayi ketika kita memberikan payudara yg sakit. Paling pas waktu saat dia mau tidur, sehingga puting tidak dimainkan.

3. Tidak Pakai Bra.
Kalo bisa jangan pake baju sekalian. Tapi daripada dikira orang gila kan ya hahahaha jadi pake aja baju longgar yang tipiisss... biar lukanya gak tergesek gesek baju gitu lo. Lebih bagus emang sambil dikasih salep dianginanginkan gitu.

4. Kompres Hangat
Nah kalo biasanya orang nyelipin duit ke dalam bra, gue nyelipin kompres ini semaleman. HAHAHA. Biar bengkaknya hilang :)


Gue dapet NexCare ColdHot Mini ini dari sebuah goodiebag. Aduh terimakasih ya Nexcare berguna banget deh! Jadi gel ini bisa dibekukan untuk menjadi kompres dingin bisa juga dicemplungin ke air hangat buat jadi kompres hangat. Praktis kan!

5. Mandi Dengan Cairan Antiseptik.
Gue pake Dettol. Caranya. ambil air segayung, kasih Dettol dua tutup botolnya lalu rendam puting kita ke dalam gayung selama yang kita inginkan. Wakakakakakk. Walau kayaknya aneh banget kalo dibayangin tapi serius lo itu berhasil! :D

Nah segitu aja deh tips tips gue. Semoga berhasil mengikuti yaahh :)

Lagian, liat wajah Carra kayak gini setiap gue pulang kerja, siapa yang nggak rela menahan sakitnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram