Carra dan Anemia Defisiensi Zat Besi

Berawal dari bulan ke 6 ke 7 nya dimana Carra nggak nambah berat badan sama sekali. STUCK di 6.9 kilogram. Pusing tujuh keliling gue. Soalnya nggak ada masalah sama makannya Carra, semua yang dikasih dia masuk masuk aja tuh. Pas periksa ke dokter Etha, yang dia tanya pertama kali adalah
"Vitamin Zat Besinya diminum nggak?'

JLEB.
Ok jadi dari Carra usia 4 bulan emang dikasih suplemen zat besi oleh dr Etha karena beliau mengganggap Carra yang diberikan ASI eksklusif PERLU diberikan suplemen zat besi. Jika Zat Besi berlebih di dalam tubuh anak, bisa secara mudah dikeluarkan lewat feses, namun jika kekurangan bisa terjadi banyak masalah, seperti gangguan pertumbuhan berat badan.
artikelnya bisa dibaca disini uya.
Perlu diketahui bahwa zat besi itu pahit banget. Jadi pas dikasih Carra jadi muntah plus trauma sendiri. Dikasih pipet dia udah nangis geleng geleng. Nggak tega lah gue kan, jadi aja nggak pernah dikasih lagi -____-

Langsung lah dites darah lengkap plus tes urine. Yes, Carra disuntik untuk pertama kalinya sampe kejer nangis nangis. Bagol sebelumnya udah ragu banget Carra harus menjalani tes ini. Tapi tekad gue sudah bulat, gue nggak mau semuanya jadi terlambat.
Hasil yang keluar dari tes itu satu jam kemudian adalah, HB Carra ada di angka 10 (minimal 11). Dugaan gue dan dr Etha betul, Carra terkena Anemia Defisiensi Zat Bezi. Baiklah, diputuskan terapi zat besi selama satu bulan penuh. Bagaimana terapinya? Jadi dosis pemberian zat besinya dinaikkan, dari yang 0.7 ml setiap hari jadi 1.7 ml huhuhuhuhu.
Plus, nutrisi makanan juga diatur. Setiap hari Carra HARUS makan daging sapi (selama ini Ayam), dikasih unsalted butter juga satu sendok olive oil. Itu pupnya Carra sampe liciiinnnn gara" tiap hari makan pake olive oil hahaha.

Satu bulan kemudian gue harus datang ke dr Etha. Selain buat liat hasil tes lainnya (Ferritin & ISK), juga buat liat hasil terapi selama ini.
Nggak perlu nunggu selama itu, Dua minggu kemudian gue udah dateng. HAHAHA.

Alhamdulillah berat Carra naik 300 gram jadi 7.2 kg. Pengen sujud syukur di ruang tunggu KMC rasanya waktu itu. Hasil Ferritin keluar pun ternyata memang dibawah normal, ISK negatif.
Setelah melihat perkembangan BB Carra yang memuaskan akhirnya dr Etha kembali menurunkan pemberian zat besi Carra menjadi 0.7 ml. Thank God.

Thank God. Thank God. Thank God.
Thank you Allah.

Post a Comment

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates