The Akbars West Java Road Trip - Day 2

Maka sampailah kita kepada hari H dan tujuan utama mengapa kita ke Bandung.
New Parent Academy Short Class!
Alkisah 3 bulan yang lalu gue whatsappan sama sazki mengenai masa depan New Parent Academy #Tsailaahhh dan keinginan gue buat bikin acara NPA di Bandung, maka doi mengutarakan sebuah ide, "Bikin Short Class aja, wa!". Sebuah ide yang brilian dan tentu saja.. bikin semangat! Maka setelah barengan mengurus A sampai Z, ditentukanlah tanggal 21 Desember kemarin untuk pertama kalinya NPA mendarat ke Bandung #SiapinRoket

Lalu apa yang akan kita bahas di kelas pendek NPA kali ini?
Sebenernya NPA sangat concern sama tumbuh kembang anak, apalagi di masa umur emas 0-5 tahun dimana semua yang disentuh, dijalankan juga diimajinasikan dapat menentukan kemampuan anak hingga besar nanti. Iya kita tau orang tua berperan paling besar disini, tapi bagimana agar optimal?
Dengan bermain. Bermain membuka seluruhh potensi yang dipunyai oleh seorang anak.
Bermain dengan apa? ini yang akan kita kupas di kelas pendek perdana NPA.

Sering kita bingung sendiri mau main apa sama anak. Beda banget sama jaman kita kecil ya. Kayaknya semua mainan ada tanpa harus punya gadget. Congklak, Bekel (gue bisa sampe ngecrek 6 :D), Main Karet (gue bisa locat sampe merdeka lo! haha), Galasin, orang kaya orang miskin (tau nggak sih ini? yang nyanyi : sayaa orang kaya saya orang kayaa.. saya minta anak saya minta anaakkk... =)) ) dan buanyaaakk permainan lainnya yang bikin masa kecil gue indah dan penuh warna.
Tapi sekarang, gue jarang ngeliat hal kayak gitu lagi di sekitar ya. Nggak usah jauh jauh deh, di komplek gue aja jarang ada anak" yang main begitu :(
Bahkan kemarin temen gue sempet ngomong, "Gue mau beliin anak gue tablet ah, kasiah dia doang sendiri di lingkungannya yang nggak punya tablet jadi nggak bisa main bareng." lalu gue bengong...

Maka beruntung gue bisa follow dan terinspirasi dari ibu ibu yang gue temukan di Instagram. Mereka bisa gitu.. DAN MAU! buat bikin kegiatan bermain sama anaknya. Bahkan ada yang menyiapkan jadwal atau tema khusus, juga kotak perlengkapan main sendiri. Tentu saja bermainnya nggak pake gadget. Hal ini yang bikin tim NPA tergugah, dan pengen para orangtua yang hadir nanti di kelas pendek kita, jadi ikutan terinspirasi juga.

Maka NPA Presents a Short Class :
Make Ideas to Play With Your Kids at Home

Oke cukup panjang juga ngemeng ngemeng gue yah. HAHAHA
Kalo nggak bosan, mari lanjuuuttt.. :D


Acaranya sendiri diadakan di Co & Co Space, Jl Dipati Ukur no 5 Bandung. Tempatnya KEREN BANGET. Ahhhh rasanya pengen ngerampok semua furniture yang ada disitu!
Lalu senengnya bikin acara di Bandung itu, karna sejuk, jadi nggak perlu pake AC. Lihat jendela sebelah kanan? Matahari dan semilir angin pagi masuk jendela. Ada burung burung kecil lo bukan burung Cendrawasih ataupun Burung Kasuari juga ikutan masuk dan hinggap di kursi, bikin gue pengen menyanyikan sebuah lagu dari Glenn Fredly yang berjudul My Everything #Abaikan
Sazki juga yang jadi MC. Terimakasih ya sazkiiii! hahaha
Sebuah video yang menceritakan seorang anak berusia 1 tahun yang kesal karna tidak dapat membuka halaman majalah karena terbiasa membuka halaman tablet dengan cara swipe membuka kelas kita pagi itu. Video yang bikin semua ibu ibu termasuk gue deg degan  itu dipaparkan apik oleh Saskhya Aulia Prima S.Psi. Psikolog cantik ini juga sekaligus membuka insight kita dengan perbedaan yang didapatkan oleh anak jika anak bermain dengan gadget (mewarnai) vs mewarnai di kertas asli dengan menggunakan krayon. Beda banget lah pastinya yaaaa..
Jadi memang gadget itu perlu, tapi ya seperlunya aja, bahkan anak 0-2 tahun tidak boleh diperkenalkan dulu dengan gadget ini. Mainan asli jauuhhhh lebih berguna untuk perkembangan anak.

Setelah Saskhya, @adenitapriambodo melanjutkan presentasi selanjutnya dengan bagaimana cara membuka ide bermain dengan anak. Membuat jadwal adalah salah satu yang krusial, selain itu adalah dengan menyiapkan sebuah kotak peralatan yang berisi gunting, lem, selotip dan berbagai perlengkapan lain di dalamnya. Biasanya ide jadi muncul dengan adanya kotak itu. Lucu juga nih ditiru! :D

Ade menutup presentasinya dengan membuat pohon keluarga bersama peserta.
Lalu ada Marizka Filaeli atau nama beken @filaeli *nama beken ala ala Aneka Yess :P*, presentasinya Ika lebih JLEB lagi buat gue yaitu, "Sebenernya bukan bisa atau nggak bisa bermain dengan anak. Tapi, Mau atau nggak mau." HIYAAAHHH KETAMPAR BOLAK BALIK. hahahaha
Udah yang gue inget itu doang dari presentasinya, karena itu yang paling penting huahahahaha.
Ika menutup presentasinya dengan membuat ekor dinosarus bersama para peserta.

@mutiashahab dari @menthilis menjadi presentasi terakhir kita di kelas pendek NPA. Ada juga nih kata katanya yang bikin jleb (kok semua bikin jleb yah hahaha), masa emas anak itu usia 0 - 5 tahun jadi kembangkanlah potensi anak seoptimal mungkin di masa itu. Misal anak sedang memegang lem, kita biasanya cenderung melarang ya karna takut kotor, padahal dengan anak memegang lem tersebut dapat menstimulasi syaraf motoriknya lo! Wow kan!


Nah buat ibu ibu yang kadang nggak sempet buat jadwal bermain anak, paket kreativitas dari Menthilis ini sangat layak untuk dicoba lo! Kotak di foto ini adalah seri terbang ke angkasa. Di dalamnya terdapat 3 kegiatan yang bisa dibuat oleh anak. Menarik ya! Peserta pada kelas pendek NPA kali ini dapat membawa goodie bag kreatif dari Menthilis.. asikkkk


Kreasi ekor Dino dari salah satu peserta

Thats a Wrap!
Maka terimakasih semua!
Terimakasih untuk Sazkiii, Para Peseta, para Pemateri dari Saskhya Aulia Prima S.Psi, Marizka Filaeli, Adenita Priambodo, Mutia Shahab dari @Menthilis, Cemilan dan makan siang enak dari Warung Taru juga Warung Lela, Co & Co Space buat servisnya yang kece! Tak lupa Mommies Daily dan B Radio :)

Feel so Happy and Content . Thank you Bandung! :)


Buat yang pengen baca lebih runut dan detail mengenai kelas NPA ini bisa dibaca disini yah! Ditulis dengan cantik untuk Mommies Daily oleh Sazkia Ghazi :)
Juga disini, ditulis dengan semangat dan hati yang hangat di Kotak Adenita oleh Adenita :)

2 komentar:

  1. Bikin di jakarta jg dong mbak :)

    BalasHapus
  2. Terimakasih buat antusiasmenya ya Mega, InshaAllah sedang diusahakan. Ikut ya nanti! *nyuruh* haha

    BalasHapus

Instagram