Tips Road Trip bersama Bayi dan Balita

Yak gue akan memberikan tips bagaimana agar perjalanan menjadi menyenangkan ketika road trip bersama Bayi (8mo) dan Balita (4 Years 3 Mo) :

1. Menurut gue anak menjadi rewel itu karena 3 hal : Laper, Capek dan Bosan.
Jadi sebelum memulai perjalanan, isi full tank energi kita sebagai orang tua, energi makan, energi hati energi isi dompet agar kita juga kuat dan semangat mengisi energi anak anak kita. Gue sendiri sama Bagol SELALU memulai perjalanan ketika mereka sudah pipis, sudah kenyang dan tinggal nenen dan tidur aja di mobil. Jadi mereka bangun tinggal kita ajak main main dan nyanyi nyanyi sehingga nggak bosan.

2. Ceritakan rencana kita sama anak. Bilang juga juga kondisinya bahwa nanti kita akan berada lebih lama di dalam mobil, tapi kalo capek bisa turun. Beritahu petualangan yang akan dilakukan, membuat istana pasir di pinggir pantai, bukan berenang di kolam renang tapi di sungai, bisa melihat perkebunan di atas bukit dengan cuaca yang sejuk...
Road trip ini adalah milik orangtua dan anak, biarkan mereka tahu dan mengeluarkan pendapatnya sendiri.

3. Siapkan sebuah tas berukuran sedang yang memuat perlengkapan kita dan dua anak. Seperti : Nursing Apron, Sisir, Handuk kecil, Tissue Basah & Kering, Baju ganti buat Kakak dan Adik, Jacket/Selimut, pospak, satu bekal berisi buah, satu bekal berisi cemilan biskuit, dua kotak susu UHT buat kakak, satu bekal nasi buat kakak dan adik (Yes, di usia 8 bulan ini, walaupun belum ada gigi sama sekali, Carra maunya makan nasi!) lalu mainan buat Adik.
Gue nggak perlu bawa susu buat Adik karna nenen langsung yang sangat mendukung kelancaran travelling!

4. Lepaskan ekspektasi kita sebagai pribadi yang kepengen sesuatu saat liburan.
 Judulnya liburan sama anak soalnya, kayak gue pengen main body board, waktu single mah bisa main body board ber jam jam, nah sekarang udah jadi ibu ibu, 10 menit aja susah! HAHAHA.
Tapi bukan berarti kita nggak bisa menikmati liburan. Gue rela nggak main body board itu asal liat anak anak gue seneng kita main ombak bersama sama :)

5. Kita juga harus siap menjaga energi pasangan. Apalagi pasangan gue nyetir terus nggak mau digantiin. Siapin cemilan, pijitin, plus kita yang mikir mau nginep dimana, makan dimana plus jadi penunjuk jalan. Harus jadi navigator handal pokoknya.
Tapi Bagol juga ngerti kok kalo sesekali gue ketiduran hahaha. Untungnya kunci menyenangkan selama liburan ya karna ada dia yang selalu menjaga. Makasih sayang :) aku nggak tau deh kalo nggak ada kamu gimana pokoknya hahaha.


Dalam beberapa hari lagi kita mau berangkat ke Filipina nih. Perjalanan pertama Adik Carra naik pesawat 5 jam lamanya. Wish Us Luck guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram