Random Tips : Travel to Hongkong with Your Family

ini beberapa random tips dari pengalaman gue aja yah sebagai blogger apalah tauk hahaha

1. Sampai Hongkong yang harus dilakukan selain mencari Mobile Wi-fi/nomer adalah membeli Octopus Card.

Octopus card ini sangat berguna untuk naik seluruh transportasi di Hongkong. Dari MTR sampai Mini Van, Bus atau Tram. Bahkan beli Starbucks juga bisa. Di Bandara pas pulang gue juga menghabiskan saldo octopus card dengan membeli oleh oleh.

Minimal usia anak 6 tahun harus punya Octopus Card sendiri. Makanya Adia juga beli kemarin. Minimum saldo adalah 50 HKD dan kalo nggak dipakai nantinya juga bisa diredeem. Praktis dan penting banget deh!

Ohiya, untuk mobile wifi, kalo kebutuhan berbaginya cuma dua orang kayak gue sama bagol, mending beli nomer aja lalu pake personal hotspot jadi bisa sharing. Lumayan banget harganya bisa beda sampai 200-an HKD. Lagian wifi gratis juga banyak kok dimana mana. 


2. Aplikasi paling efektif dalam menjelajahi kota Hongkong = CityMapper

Aplikasi yang sangat membantu dan memudahkan gue buat kemana mana di Hongkong, Thanks Talita buat rekomendasinya! Nggak hanya menunjukkan kalo kemana harus naik apa, aplikasi ini juga membandingkan kalo gue mau ke satu tujuan lebih efektif naik apa berdasarkan jarak, waktu maupun uang yang dikeluarkan. Makanya gue suka sering naik taksi karna dengan kondisi gue bawa anak anak, akan lebih save tenaga dan juga waktu.






3. Belilah tiket tiket wahana setempat di Klook/Tiket ferry di Turbo Jet dan Tiket Disneyland di TripVisto.

Kemaren gue kehabisan tiket Disneyland di Klook :( jadi setelah cari cari dapetnya Trip Visto. Tapi oke juga kok karna di Disneyland tinggal print doang pake barcode gampang dan praktis.

Tapi gue ke Ocean Park dan The Peak Tram itu menggunakan Klook. Sebenernya Ocean Park nggak terlalu ramai, tapi worth banget kalo ke The Peak Tram karna kita menggunakan jalur khusus yang nggak ngantri! yihiiii... sisanya banyaaak banget paket wisata lain yang bikin pengen yang bisa dipilih dan dinikmati. Gue suka banget pake Klook! bisa masuk ke Klook pake referral gue disini yaa.

Lalu Turbo Jet adalah salah satu provider ferry penyebrangan dari Hongkong ke Macau begitu pula sebaliknya. Tentukan terminal mana biar dekat sama hotel ya!


4. Bermainlah bersama anak sampai mereka lelah dan usahakan mereka tidak tidur siang agar di pesawat mereka tertidur lelap HAHAHA

Penerbangan Jakarta Hongkong adalah sekitar 4.5 jam. Lumayan lah kalo mereka tidur 2 jam kita bisa nonton film kan yah haha. Tips nya ya itu, selain menentukan jadwal penerbangan yang cocok, sisanya adalah berkoordinasi dengan anak. Ceritakan/beritahu kita naik pesawat jam berapa aja, bisa ngapain aja dan kalo penerbangan pulang sore kayak gue, siangnya harus siap ajak main sehingga pas nyampe pesawat mereka bisa tidur nyenyak.

Oh iya gue juga menyiapkan busy books untuk mereka. Adek itu lagi suka sama Moana dan Kakak lagi suka sama Little Pony. Jadi ketika mereka mendapatkan buku/figurines/aktivitas yang terkait dengan kesukaan mereka, pasti mereka suka banget. Lumayan lah main satu jam-an mah kan ya. Paling yang PR ngumpulin mainannya aja jangan sampe kececer. Tugas berat tuh! Jangan anggap remeh! hahaha

Kemaren ini gue naik China Airlines kena harga PP seminar 3.4 juta satu orang. Pesawatnya bagus/baru, makanannya enak, pramugarinya helpful dan penerbangannya sendiri smooth banget.

ini saat penerbangan pulang Hongkong - Jakarta


ini saat Penerbangan Jakarta - Hongkong. Mereka lagi nonton film kesukaan mereka Trolls

Adek lagi kesengsem berat sama 'DJ Suki" jadi dia senang pake headphones madam begini :))


5. Enjoy every 'unexpected things', this is you and your family holiday anyway :)

Jadi nggak enaknya kemaren ke Hongkong apa dong , Wa?
Nggak ada. Lah gua bisa ke Hongkong aja sudah bersyukur hhahahaa.

Kemaren memang ketemu sama beberapa orang yang kasar, bahkan pas naik bis Adia sempet dimarahin karna mainan tiang pegangan XD. Tapi ya itu, kita nggak masukin ke hati aja. Jadwal yang nggak pas, cuaca yang awalnya nggak sesuai ekpektasi, mainan adek yang hilang, adek yang tantrum dan lain lain adalah pelengkap keseruan kita aja.

Gue nggak mau menukar semua kekurangan itu karna semuanya adalah bagian dari kebersamaan keluarga kita :)


Semoga foto ini adalah awal naik gondola beneran di Venice nantinya :D


Post a Comment

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates