What to Do in Cirebon - Day 3

Setelah dua hari pengen banget nasi Jamblang nggak ketemu temu, maka di hari ketiga Bagol bangun pagi langsung berangkat ke Nasi Jamblang Mang Dul yang letaknya nggak begitu jauh dari hotel . Kemarin itu jam 6 pagi Bagol kesana tapi katanya sudah ramee bangeeett, antri dan gak bisa dapat tempat duduk. Jadi kayaknya emang lebih baik kalo kepengen nasi jamblang mang dul ini, take away dan makan di hotel aja deh. Btw, Thank you sayang sudah jalan kaki dan beliin aku ini 😘

Nasi Jamblang yang lauknya adalah : Paru goreng, Pepes Udang, Sate telur puyuh balado dan Sate usus 💙

Beres makan nasi jamblang, anak anak bangun dengan kondisi yang lebih segar. Adek juga sudah pulih dan tenaganya mulai kembali. Maka kita langsung sarapan dan siap siap check out!


Wisata Hari ini adalah Taman Sari Gua Sunyaragi. Tempat seluas 15 hektar ini adalah sebuah tempat beristirahat dan sarana meditasi bagi para sultan Cirebon dan keluarganya.

Yang jelas anak anak lebih seneng kesini! Karena mereka bisa lebih mengeksplor gua gua yang ada, masuk ke dalamnya, menemukan jalan pintas, melewati jembatan jembatan, mendaki gua hingga ke puncak atas, sampai melihat pohon Beringin yang usianya sudah 300 tahun. Seru banget kayak detektif!

Hari ini kita nggak lupa bawa topi!


Salah satu dari goa yang ada yaitu Goa Pawon yang berfungsi sebagai dapur penyimpan makanan.

OOTD di dalam kamar 'Kaputren" atau kamar para Putri Sultan.


Di depan patung Gajah. Kelihatan kan gajahnya?
ini adalah beberapa fakta yang gue inget tentang Taman Goa Sunyaragi :

1. Goa Sunyaragi yang terinspirasi dari budaya China, Hindu (Majapahit) dan Eropa (Belanda) ini dibangun dari bahan batu batu karang yang dilekatkan satu sama lain menggunakan putih telur burung laut. Yes! bahan yang sama digunakan untuk membuat gapura tembok merah di keraton keraton. Kasihan kamu burung laut....

2. Kesan sakral banyak terlihat saat kita memasuki Taman Goa Sunyaragi. Kayak misalnya ada terdapat patung Perawan Sunti saat memasuki sebuah goa.  Ada mitos yang bilang bahwa kalo perawan dilarang memegang patung ini karena nanti jadi susah jodoh. Adia sampe meliuk liuk ngelewatinnya karna katanya takut susah jodoh wakakakkakak
Ada juga beberapa goa yang masih berfungsi sebagai tempat meditasi hingga saat ini. Lalu ada juga dua goa bersebelahan yang memiliki mitos, kalo kita meditasi di sebelah kiri akan bisa tembus ke China, kalo yang sebelah kanan akan diarahkan ke Mekkah.
"Silahkan bu kalo mau coba..." Kata pemandunya 😂😂
Ada juga goa kelanggenan, kalo mau langgeng jabatannya silahkan bersemedi disitu. Gue mikir, kalo gue semedi nanti jabatan gue langgeng, berarti langgeng jadi kacung kampret dong hahahaha

Udah sih cuma dua itu aja yang gue inget hahaha. Tempat ini keren pokoknya! Worth to visit banget!!

Beres menjelajah goa kita istirahat sebentar sambil menonton anak anak yang sedang berlatih tari Topeng (tarian tradisional Cirebon) di Kompleks Goa Sunyaragi.
Setelah itu kata makan siang, lalu pulang deh ke Jakarta.

Thank you Cirebon for a wonderful weekend getaway 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram