Sleek Baby Mendukung 1000 Hari Pertama Kehidupan Pada Bayi

Perasaan saya udah mau 8 tahun menjadi Ibu, bahkan berkecimpung langsung dalam New Parent Academy dan Kapten Kecil , Namun setiap hari ada saja yang tetap bisa dipelajari atau diingatkan untuk mempelajarinya kembali. Seperti setelah saya diberitahu oleh Sleek Baby bahwa 1000 hari pertama kehidupan merupakan periode emas anak, aduh dulu 1000 hari pertamanya carra sama Adia gimana yah ? (cemas) 😆😆.
Namun setelah diingat kembali, hal ini sebenernya sempat kita bahas sebenarnya di kelas New Parent Academy bersama para dokter anak, untuk berbagi maka akan saya rangkum dalam satu post di blog ini yah.

Jadi 1000 hari pertama kehidupan pada bayi dibagi mejadi tiga bagian besar , yaitu :

280 Hari
Janin dalam Kandungan dimana masa pembentukan otak terjadi

180 Hari
Kelahiran - 6 bulan pertama

540 hari
6 bulan - 2 Tahun
Disini pertumbuhan otak sangat pesat, semua organ tubuh anak akan berfungsi dengan saling berintegrasi untuk membentuk kemampuan tumbuh kembang anak dengan sempurna.

Nah mengapa 1000 hari ini penting? karena seperti disebutkan diatas, seluruh organ penting dan sistem tubuh mulai terbentuk dengan pesat. Misalnya : perkembangan organ metabolik, perkembangan kognitif, pertumbuhan fisik hingga kesehatan saluran cerna dan kematangan sistem imun. Seluruh perkembangan tersebut membutuhkan 3 hal penting yatu : Nutrisi, Stimulasi juga Higienitas.

Hal ini yang membuat saya teringat mengapa dahulu saya dan suami bergerak membuat kelas New parent Academy. Saat itu belum ada lembaga yang cukup mumpuni untuk memberikan pengetahuan bagi orang tua baru. Orangtua baru seakan buta dalam memasuki babak baru kehidupan mereka, padahal sebenarnya ilmu tersebut adalah bekal dalam mempersiapkan segalanya.
8 tahun yang lalu kami mencari cari ilmu kesehatan, psikologis, ASI dan lainnya kemana mana... ke berbagai rumah sakit, ke berbagai komunitas. Kami tidak mau menjadi orangtua hanya mengikuti intuisi belaka. Kami harus siap karena anak yang diberikan kepada kami adalah amanah dari-Nya. Tidak mau kejadian yang menimpa kami berdua terulang kepada ibu baru lainnya, dari situlah kami membuat kelas persiapan untuk orangtua baru ini.


Lanjut lagi kedalam pentingnya 1000 hari pertama yah, kali ini saya akan membahas lebih dalam mengenai kebiasaan baik dari menjaga kebersihan yang harus diajarkan sejak dini. Kadang hal ini seringkali dianggap remeh padahal termasuk elemen penting dalam kesehatan dan sistem imun anak (Langsung inget bahwa saya baru mengajarkan hal ini nggak sejak awal hiks). Apa sajakah kebiasaan kebiasaan baik tersebut ?
Kebiasaan baik untuk menjaga kebersihan pada anak bisa kita mulai dari cara menjaga kebersihan mulut, lalu dilanjutkan dengan kebiasaan di kamar mandi dan setelah menggunakan toilet, kebersihan pada rambut, kaki, tangan, lalu kebiasaan menjaga kebersihan ketika batuk atau bersin, ritual membersihkan rumah, juga yang paling mudah namun krusial : mencuci tangan

Mencuci tangan dengan sabun (!) adalah salah satu tindakan sanitasi yang bisa memutuskan mata rantai kuman. Mencuci tangan dengan sabun dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit. Hal ini dilakukan karena tangan seringkali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang yang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung. Anak pada seribu hari hari kehidupannya senantiasa menggunakan tangan mereka dalam melakukan stimulasi dengan lingkungan sekitar, masih teringat jelas di ingatan gue ketika Adia begitu mudahnya memasukkan tangan ke mulut setelah memegang apapun yang tidak kelihatan lalu tetiba.. diare 😢

Jadi teman teman seperguruan ibu ibuku, yuk kita mulai memperkenalkan kebiasan baik dalam menjaga kebersihan ini!
Karena jika pemberian nutrisi sudah lengkap, monitor pertumbuhan stimulasi anak sudah terjaga namun higienitas kurang maksimal, daya tahan dan metabolisme tubuh anak akan terganggu 😞 nggak mau kan pertumbuhan anak menjadi terhambat karena masalah ini.

(kebayang naikin berat badan Adia dulu lama banget , namun karena diare berat badan yang sudah naik itu hilang terhempas begitu saja 😂😅😭)

Semua itu bisa dimulai dengan produk Sleek Baby. Tempo hari sempat dikirimkan produk ini ke rumah dan isinya lengkaaapp banget. Sungguh pas dengan judul boksnya yang tertulis , yaitu :
"Mom Survival Kit"



Moms Survival Kit ini berisi produk produk Sleek yang dapat membantu kita dalam menjaga kebersihan si kecil, mendukung tumbuh kembangnya dalam 1000 hari pertama.

Di dalamnya ada :

1. Sleek Baby Bottle, Nipple and Accessories Cleanser
Produk ini aman karena menggunakan bahan setara makanan dan mendapatkan sertifikasi GRAS (Generally Recognized As Safe) lo! Selain efektif dalam membunuh dan menjaga perlengkapan bayi dari bakteri, produk ini juga efektif dalam menghilangkan bau amis dan sisa lemak susu yang menempel pada botol maupun pompa ASI :)

2. Sleek Baby Laundry Detergent 
Mengandung coconut extract yang efektif dalam menghilangkan noda dan menjaga serat kain agar tetap lembut dan halus juga telah teruji secara dermatologi aman dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Psst... ada travel size nya lo! Praktis jika sedang traveling bersama si kecil

3. Antibacterial Diaper Cream 
Cream anti ruam yang aman digunakan sejak bayi baru lahir ini juga mempunya formula hypoallergenic yang tidak menyebabkan alergi :)

4. 2 in1 Hair & Body Foamy Wash
Aku paling suka kalo yang udah jadi satu begini, jadi gak repot mandiin mencari mana sabun mana shampoo hihihi. Ohiya, selain dalam bentuk foam, produk ini juga terdapat dalam formula likuid yaa..

Aku mau nambahin satu produk favorit yang aku rutin gunakan juga di rumah

5. Sleek Baby Foamy Hand Wash
Hand Wash ini mudah digunakan oleh anak karna bentuknya yang ergonomis dan tidak mudah tumpah sehingga proses perkenalan pada kebiasaan mencuci tangan menjad lebih mudah. Produk ini juga aman karena food grade dan terdapat ekstrak madu untuk menjaga kelembutan kulit. Asyik kaann

Melihat isinya yang sangat lengkap, Saya jadi kepikiran buat memberikan kotak Moms Survival Kit ini ke kelas New Parent Academy mendatang.. pasti cocok banget buat semua orangtua baru 😍😍 Nggak perlu susah susah mencari semua kebutuhan ada disini.
Siapa yang mau komentar di bawah ya 😊


Thank you Sleek Baby!




1 comment :

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates