Exploring Adia's Motoric Skill


Jadi ya pas kemarin ke ELC terakhir Adia memilih mainan yang berbeda dengan kesukaannya sebelumnya yaitu physical activity (bisa dilihat di post ini dan ini).
Agak kaget sebetulnya (apalagi ayahnya yang punya cita cita setinggi langit anaknya jago olahraga HAHAHA), tapi tentu saja potensi harus tetap kita gali yah. Orangtua tugasnya tetap mengenalkan ke semua kesempatan belajar yang ada, keputusan adalah tetap ada di tangan anak (ya dehh orangtuanya ngarahin dikitttt.. :D)

Maka mainan pertama yang Adia pilih adalah Bumper Collage Box dari seri Bits & Basics. Main 'Mr Maker" Adia menyebutnya. Dari permainan ini Adia bisa mendapatkan kreativitas, imajinasi dan tentu saja kemampuan motorik halus.
Apa sih Motorik Halus?
Motorik halus adalah area perkembangan anak yang melibatkan kemampuan tangan  dalam sebuah sikap mandiri. Hal yang mungkin terlihat mudah tapi penting untuk fondasi masa depannya. Bahkan ada yang mengatakan jika kemampuan tangan ini digabungkan dengan koordinasi mata hal ini bisa menjadi pembuka dari eksplorasi belajar anak dan kreatifitas. Penelitian juga menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus lebih berguna untuk dipelajari pada masa perkembangan saat ini dibandingkan misalnya mengingat huruf dan angka.

Apa saja kegiatan yang bisa meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak sebelum sekolah ?
1. Menggunting bentuk sederhana dengan gunting yang aman
2. Tepuk tangan
3. Memasang kancing dan melepaskannya
4. Membangun menara dari 10 buah balok
5.  Memegang pensil atau crayon dengan kekuatan jari dan tangan yang stabil


Cara terbaik untuk mendukung kemampuan motorik halus anak adalah dengan menyediakan pilihan bahan permainan yang banyaakk agar anak bisa berkreasi sesuai dengan imajinasinya.
Maka menurut gue Bumper Collage Box ini adalah pilihan yang baik sekali. Motorik halusnya dapet, eh ditambah juga dengan seni dan imajinasi :)

Yuk kita lihat ada apa saja di dalamnya!


Isi dari Bumper Collage Box ini sangat 'menyalakan' tombol kreatifitas anak deh menurut gue. Lengkap banget! Dari Crayon, Kancing, Lem, Mata"an, Karton berbagai motif, Kayu menyerupai korek api warna warni, Spons berbentuk binatang, Bulu warna warni, Pompom halis, Glitter.. dan banyaakk lagi. Gue aja pengen ikutan main! :D

Tuh isinya. Yang gue kerjakan kemarin juga buka semua di lantai dan biarkan Adia bermain dengan imajinasinya sendiri.

Kita lagi nggak ada ide? Tenaaanggg.. nih dikasih contekan enaknya mau bikin apa sama ELC! :P




Adia gini deh sekarang kalo difoto gayanya begini begini -__-


But actually shes so EXCITED! "Bikin apa ya hari ini ibu? Gunting apa ya besok ibu"

Nah keasyikan sendiri deh dia 'meramu' bahan yang sudah tersedia

Langsung jadi dua. Pertama, lukisan 3D poni keriting dan ulat bulu warna biru! :D

Belum puas? Ya deehhh bikin kuda berglitter ! HAHAHA. Btw cetakan berbentuk kuda ini sudah otomatis ada di dalam kotaknya.


Gimana? Jadi pengen mengembangkan kemampuan motorik skill diri sendiri nggak? HAHAHA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram